
Menganti Gresik, 19 Mei 2025, SMP Al-Azhar secara khusus memberikan pembelajaran kepada kelas akhir (IX) dengan jumlah peserta 190 an siswa-siswi, kegiatan yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam satu tempat yakni bisa disebut daurah/pelatihan dengan mengusung penguatan karakter pendidikan dengan harapan para siswa-siswi mampu mengimplementasikan hasil kegiatan dalam kehidupan sekolah ataupun bermasyarakat.
Karakter merupakan pondasi utama dalam membangun generasi bangsa. Salah satu karakter yang perlu digaungkan dan ditanamkan sejak dini adalah “Mantap IMTAQ, Unggul IPTEK”, frase yang sering digunakan dalam konteks pendidikan, khususnya di sekolah yang berorientasi pada nilai-nilai agama Islam dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Tujuan pendidikan yang seimbang antara aspek keagamaan (IMTAQ) dan aspek ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sebagai lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren, SMP Al- Azhar Menganti Gresik terus berupaya mengambil peran dalam menanamkan pendidikan karakter. Salah satu penanaman karakter yang dilakukan adalah mengimplementasikan pendidikan keilmuan umum, agama, serta teknologi.
Mantap IMTAQ dan Unggul IPTEK mencerminkan pandangan bahwa pendidikan yang utuh tidak hanya fokus pada kemampuan intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter, akhlak, dan keimanan yang kuat. Dengan demikian, siswa-siswi diharapkan tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas dan berpengetahuan, tetapi juga menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, dan memiliki akhlak mulia.
Implementasi IMTAQ dan IPTEK dalam lingkungan sekolah dilakukan melalui pembiasaan dan integrasi dalam pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada kelas akhir di selenggarakan khusus selama 4 hari, rangkaian kegiatan di bagi menjadi beberapa dalam pelaksanaannya yakni:
1. Sholat Dhuha Berjamaan (Ustad M. Miftakhul Irfani, S.Pd)
2. Baca Qur’an/Tilawati (Ustadz M. Misbakhul Munir, S.Pd)
3. Penerapan Ajaran Islam/Cerita Inspirasi Tokoh Islam (Ustadz Taufik Kurohman, M.Pd)
4. Semangat 4 Pilar dalam Organisasi (Agus H. M. Hasbiyil Aziz, S.Pd)
5. Digitalisasi Merdeka Belajar (Tim SMA Al-Azhar)
6. Salam Keakraban/Outbound (Badan Pengawas Eksekutif Siswa – BPES/OSIS)
Sekolah juga terus menggaungkan Pendidikan Religus, Umum, dan Teknologi agar tetap dapat berjalan beriringan dengan era perkembangan zaman, pendidikan harus melaju lebih update dalam memenuhi kebutuhan siswa-siswi, upaya-upaya pembelajaran dauroh/pelatihan diluar jadwal akademik atau pembelajaran di luar kelas SMP Al Azhar selalu berkomitmen dalam menyuguhkan materi ataupun pembicara yang dirasa cukup menguasai imtaq dan iptek. Serangkaian kegiatan 4 hari benar-benar di rasakan manfaatnya oleh siswa-siswi, ditandai dengan rasa ingin tahu yang kuat dari siswa-siswi mereka tidak malu untuk bertanya saat pemateri membuka sesi pertanyaan yang memungkinkan dengan ketidaktahuannya akhirnya terjawab, selain itu juga karakter kritis ditampilkan oleh anak-anak dengan cara memberikan tanggapan kepada pemateri atau mejawab pertanyaan dari teman sebayanya saat kegiatan tersebut berlangsung.
Adapun Komitmen Pendidikan Mantap IMTAQ dan Unggul IPTEK yang di gaungkan adalah sebagai berikut:
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Menaati peraturan sekolah dengan landasan hukum Islam
3. Disiplin dan bertanggung jawab dalam kegiatan akademik dan non akademik
4. Berintegritas tinggi berkata sopan, jujur, dan tanpa mengesampingkan HAK siswa/i lain
5. Bergaya hidup sederhana suka bekerja keras dan menyederhanakan tanggung jawab orang tua
6. Tidak menyalahgunakan wewenang dalam jabatan organisasi baik legislatif (BES) ataupun eksekutif (BPES)
7. Mampu mengikuti (tidak gagap) pembelajaran teknologi sesui dengan perkembangannya
Semoga melalui pembiasaan dan komitmen sekolah dalam memberikan layanan-layanan pendidikan dalam bentuk apapun dapat mengisi kekosongan ilmu yang di butuhkan para siswa-siswi SMP Al-Azhar khusus pada kelas akhir yang akan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Semoga nilai-nilai karakter mampu terinternalisasi dengan baik untuk warga SMP Al-Azhar menyeluruh.


Tinggalkan Balasan